Beranda > Kabar Terkini > 2010, Halaman Baru Kekerasan di Afghanistan

2010, Halaman Baru Kekerasan di Afghanistan

Tahun 2009  telah berakhir, dan menjadikannya tahun yang sangat berat dan penuh eskalasi serangan di Afghanistan, namun di tahun yang baru para pengamat memperkirakan tahun 2010 ini akan lebih berat lagi.

“Dengan kekuatan asing yang bertambah, apakah itu sipil atau militer, tanpa ragu lagi hal itu akan membawa dampak buruk kerugian perang, dalam jumlah korban juga biaya perang,” tutur Wahid Mujda, seorang analisis politik Afghanistan kepada AFP, Jumat 1 Januari.

Peristiwa buruk terakhir adalah terbunuhnya 10 warga sipil Afghanistan termasuk 8 anak-anak diantaranya dalam serangan NATO di provinsi Kunar bagian timur dekat dengan perbatasan Pakistan.
Selain itu berita besar di akhir tahun adalah tewasnya 8 orang Amerika yang diperkirakan agen CIA dalam serangan Taliban di daerah timur. 5 orang Kanada, 4 diantaranya tentara tewas dalam serangan lain Taliban di daerah selatan.

Jumlah intensitas serangan diperkirakan naik seiring dengan kedatangan 30.000 tentara tambahan dari Amerika dan 7.000 dari negara NATOO.

Pasukan-pasukan baru tersebut akan dikonsentrasikan di daerah dengan pengaruh Taliban yang kuat.
Paling tidak sudah 520 tentara asing tewas di Afghanistan tahun 2009, jumlah terbanyak sejak invasi penjajah asing tahun 2001.

Lebih dari 1.567 tentara asing tewas termasuk 949 Amerika sejak invasi tahun 2001.
Para pengamat juga memprediksikan bahwa meningkatnya korban dari kalangan sipil akan turut pula meningkatkan kemarahan publik terhadap tentara asing.

“Jika ada peningkatan korban di kalangan sipil baik orang Afghanistan ataupun asing, sebagaimana juga peningkatan angka kematian pada tentara asing, kemudian yang pertama akan meningkatkan jarak antara penduduk Afghanistan dengan pemerintah,” ujar profesor hukum dari Universitas Kabul Nasrullah Stanakzai.

“Yang kedua, opini publik barat akan meminta penarikan (pasukan).”

[muslimdaily.net/iol]

Share This Post:

Bookmark and Share

Kategori:Kabar Terkini
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: