Beranda > Kabar Terkini > Dana Pembelaan Kasus Geert Wilders

Dana Pembelaan Kasus Geert Wilders

Masih ingat bukan dengan Kasus Bajingan dibawah ini yang menghina Rasulullah SAW? yang mana ana pernah memuatnya pada Blog ana sebelumnya (http://zanbhi.wordpress.com) yang telah di blokir oleh orang – orang kafir. Berikut keterangan dana yang ia dapatkan untuk membela perlakuan bejadnya….
*****************************************************************
***********************************************************

Proses pengadilan politikus Belanda Geert Wilders, yang sudah lama dinantikan dimulai pekan ini.

Belanda (voa-islam.com): Dia menyebarkan kebencian dan terancam proses pengadilan yang bisa berjalan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.  Tapi Wilders tidak kaya raya, jadi dari mana dia mendapatkan dana untuk membiayai pembelaannya?

Biaya pengacara
Geert Wildres tidak merasa penting membeberkan sumber dananya. “Saya tidak tahu mengapa semuanya harus tahu. Yang penting adalah semua rekening pengacara terbayar. Dari mana atau dari siapa uangnya, bukan urusan publik.”

Pembaca diminta mengirim uang ke rekening nomor Friends of the Freedom Party Foundation. Dana ini juga mendanai kegiatan-kegiatan PVV.

Tapi rakyat umum justru ingin tahu di mana dan dari mana Wilders mengumpulkan dana. Dia sudah merupakan tokoh berpengaruh di kalangan politik Belanda dan pengaruhnya semakin besar saja. Selama 10 bulan terakhir, jajak pendapat menunjukkan partai Wilders PVV, Partai Kebebasan, merupakan salah satu partai terbesar di Belanda.

Dari Amerika
Sumber dana penting untuk pembelaannya ternyata berasal dari para pendukung Wilders di Amerika Serikat. Dia sering ke sana: memutar film Fitna, berorasi, menerima penghargaan. Dan menggalang dana.

Daniel Pipes, Direktur Middle East Forum, mengumpulkan dana untuk pembelaan Geert Wilders melalui The Legal Project.

“The Legal Project berupaya sekuat tenaga bagi individu-individu yang mengangkat isu-isu Muslim dan Islam. Wilders salah satunya yang kami bantu dari segi keuangan dan lainnya. Saya menolongnya dari segi hukum dan penggalangan dana. Tapi saya tidak bisa menyebut angka … karena itu bukan urusan saya.”

Pipes tidak mau berbicara rinci tentang dana untuk Wilders. Tapi kepada sebuah majalah Belanda Pipes mengatakan bahwa Wilders mengumpulkan dana sebesar enam angka pada perjalanan terakhir ke Amerika Serikat.

Pendukung antusias lainnya adalah Pamela Geller, penulis blog  yang disebut Atlas Shrug di <http://atlasshrugs2000.typepad.com/>.

“Ini bukan bisnis, tapi panggilan. Orang-orang yang mendukung Wilders. Itu suatu panggilan …. Itu kehormatan kepada seseorang yang berani mengambil resiko besar terhadap dirinya sendiri. Di satu persimpangan paling bahaya dalam sejarah manusia …”

Robert Spencer, blogger lainnya, juga setia mengunjungi berbagai acara Wilders di Amerika Serikat. Blognya Jihad Watch – <http://www.jihadwatch.org/> – juga mengumpulkan uang untuk pembelaan Wilders. Blog ini sering memojokkan pelaku-pelaku jihad.

Blog Spencer ini juga memuat pesan dari PVV: “PVV dan Geert Wilders menghadapi serangan . Biaya  pengadilan yang selangit itu bisa melumpuhkan perjuangan bagi kemerdekaan kita. Keselamatan PVV dan upaya Geert Wilders melindungi Barat kini dalam keadaan bahaya.”

Pembaca diminta mengirim uang ke rekening nomor Friends of the Freedom Party Foundation. Dana ini juga mendanai kegiatan-kegiatan PVV.

Galang dana politik
Tampaknya Wildres belum menggalang dana khusus untuk pembelaannya. Menurut harian Belanda De Volkskrant, Wilders hanya menulis ulang anggaran dasar PVV untuk menambahkan pembelaannya. Ini berarti tidak ada pemisahan antara sumbangan untuk pembelaan Wilders dan sumbangan untuk kegiatan politik PVV.

Ini sulit dibuktikan. Baik Wilders maupun PVV tidak memberikan informasi soal keuangan kepada orang luar. Mereka juga tidak harus melakukannya. Undang-Undang Belanda lemah soal penggalangan dana untuk partai-partai politik.

Ruud Koole, gurubesar ilmu politik di Universitas Leiden dan pakar pendanaan partai, mengatakan bahwa baik Wilders maupun partainya tidak melakukan kesalahan.

“Penghasilan partai bisa dari mana saja. Bahkan dari suatu dana yang menerima uang untuk tujuan-tujuan lain. Selama tidak menerima subsidi pemerintah, Anda tidak wajib membeberkannya.”

[rnw]

Share this post..

Bookmark and Share

Kategori:Kabar Terkini
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: