Beranda > Info Jihad, Kabar Terkini > Dulmatin Masih Hidup di Philipina Selatan

Dulmatin Masih Hidup di Philipina Selatan

Manila (Voa-Islam.com) – Seorang militan yang dituduh berada di balik serangan bom mematikan di Bali pada tahun 2002 diduga masih hidup dan bersembunyi di Selatan Philipina meskipun laporan sebelumnya menyebutkan bahwa ia telah meninggal dunia, kata seorang pejabat militer Philipina pada Selasa (09/02) kemarin.

“Dulmatin, pemimpin kelompok militan regional Jemaah Islamiyah, tidak terbunuh dalam pentempuran tahun 2008 seperti yang diyakini pihak militer selama ini,” kata Kepala Marinir Filipina Mayjen Juancho Sabban.

“Saya percaya, dari apa yang sumber-sumber saya katakan, Dulmatin masih hidup di Sulu,” kata Sabban kepada wartawan, merujuk rangkaian pulau di selatan, termasuk Pulau Jolo yang menjadi sarang para pejuang Islam Moro.

..Dulmatin, yang dituduh membantu perencanaan Jamaah Islamiyah dan melaksanakan aksi pengeboman di Bali yang menewaskan 202 orang di tahun 2002, semula dipercaya tewas oleh serangan pihak militer di Philpina selatan, Januari 2008 lalu.

Dia juga menyebutkan, militan Jamaah Islamiyah lainnya, yakni Umar Patek juga dipercaya bersembunyi di Kepulauan Sulu dan dilindungi oleh Kelompok Abu Sayyaf (ASG), kelompok yang oleh pihak-pihak intelijen diduga terkait dengan jaringan Al-Qaeda.

Dulmatin, yang dituduh membantu perencanaan Jamaah Islamiyah dan melaksanakan aksi pengeboman di Bali yang menewaskan 202 orang di tahun 2002, semula dipercaya tewas oleh serangan pihak militer di Philpina selatan, Januari 2008 lalu. Namun tes DNA terhadap jenazah lelaki yang tewas tersebut diragukan bahwa orang itu adalah Dulmatin.

Umar Patek dan Dulmatin seperti kebanyakan warga indonesia yang memiliki lebih dari satu nama,  bersembunyi di hutan Philipina bersama kelompok Abu Sayyaf sejak tahun 2003, ungkap pejabat intelijen Philipina. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah menawarkan hadiah 10 juta dolar AS bagi yang dapat memberi tahu informasi keberadaan atau membantu penangkapkan dari Dulmatin, dan  1 juta dollar AS untuk informasi tentang Umar Patek. (st)

____________________________________________________________

Share this post:

Bookmark and Share

  1. aab
    Februari 14, 2010 pukul 4:41 pm

    selalu ada jalan utk para mujahidin.wallahua’lam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: