Beranda > Annisa > Bangga donk jadi Muslimah!!!

Bangga donk jadi Muslimah!!!

Banyak orang mempertanyakan posisi perempuan dalam Islam. Banyak juga yang menuding bahwa Islam itu tak adil terhadap perempuan. Bahkan ada juga yang berusaha mencari-cari kelemahan Islam dalam memperlakukan perempuan. Hmm…sejauh mana mereka berhasil ya?

Perempuan memang tidak sama dengan laki-laki. Itu dari segi jenis kelamin. Secara fisik saja sudah jelas perbedaan itu, apalagi secara emosi dan kejiwaan. Karena perbedaan inilah, Islam memberikan beberapa hukum yang berbeda pula di antara keduanya. Misalnya saja dalam hal batasan aurat, bagian waris, nafkah, dll. Bukan untuk membedakan, tapi memang keduanya berbeda.

Pembedaan tersebut sebatas dari segi fitrah atau hukum alam yang menyertai masing-masing jenis, laki-laki dan perempuan. Tapi dari segi kemanusiaan, Islam tidak membedakan barang secuil pun. Bahkan dari segi pahala dan dosa, keduanya mendapat porsi yang sama. Gak percaya? Nih:
“Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh baik laki-laki atau perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang baik dari apa yang mereka kerjakan” (QS. An-Nahl 97).

..Selain tak membedakan, Islam mengangkat derajat perempuan sejajar dengan laki-laki dalam posisinya sebagai hamba Allah…

Selain tak membedakan, Islam mengangkat derajat perempuan sejajar dengan laki-laki dalam posisinya sebagai hamba Allah. Dulu, ketika masih zaman jahiliyah, perempuan tak punya hak mendapat warisan. Bahkan perempuan sendiri malah diwariskan kepada anak laki-laki. Jadi bila seorang bapak meninggal, maka si ibu menjadi properti anak laki-laki dan bisa diperlakukan semaunya. Namanya saja hak milik. Hiiii…menjijikkan sekali kan?

Islam datang menghapus semua hukum jahiliyah buatan manusia itu. Islam memberi porsi waris pada perempuan setengah bagian laki-laki. Musuh-musuh Islam menjadikan hal ini untuk menyerang Islam. Mereka bodoh atau pura-pura lupa bahwa setengah bagian dari laki-laki itu adalah harta mutlak perempuan. Maksudnya adalah tidak ada seorang pun boleh mengambil porsi tersebut tanpa izin yang bersangkutan bahkan tidak juga suaminya sendiri. Sedangkan bagi laki-laki, meskipun jatahnya sekilas terlihat lebih banyak daripada perempuan, ia harus menggunakan uang tersebut untuk menafkahi keluarga termasuk anak istrinya. Jadi, selain dapat dari pemberian suami, perempuan punya harta sendiri yang tak boleh diotak-atik tanpa seizinnya. Keren kan?

Begitu juga dengan batasan aurat. Muslimah cerdas tak akan iri pada laki-laki yang lebih sedikit batasan auratnya. Ingat, seluruh tubuh perempuan itu indah. Beda banget dengan laki-laki donk. Jadi keindahan itu untuk dilindungi dan dinikmati yang berhak saja, bukan diobral ke sembarang orang di jalanan. Oleh karenanya, jilbab dan kerudung wajib dikenakan oleh perempuan yang mengaku dirinya beriman kepada aturan Allah.

Masih banyak banget keistimewaan yang diberikan Islam kepada perempuan. Beberapa hal yang tersebut di atas cuma secuil aja. Bayangkan, secuil aja sudah begitu indah, apalagi bila kita tahu semua hal tentang keistimewaan posisi perempuan dalam Islam. Bakal ngiri tuh mereka para perempuan yang suka teriak-teriak emansipasi, karena apa yang mereka teriakkan sudah dijamin secara sempurna oleh Islam. Ironinya, tidak sedikit yang mengaku dirinya muslimah tapi masih mencari persamaan hak yang gak jelas maksudnya pada system hidup lain. Padahal kalau mau, mereka bisa mendapat semua yang perempuan inginkan dalam Islam. Masalahnya mereka lebih memilih menutup mata hatinya untuk menerima kebenaran Islam itu sendiri.

So muslimah, gak usah bingung deh. Kebingungan itu seringkali berasal dari ketidakpahaman perempuan sendiri akan kedudukan mereka dalam Islam. Dengan sedikit menggunakan akal yang diberikan Allah pada mereka, pasti mereka bakal bangga dengan status diri sebagai muslimah. Di saat yang lain masih terpuruk dan tertatih berjuang atas nama emansipasi, kita di sini sudah menikmati hak-hak yang sempurna sebagai perempuan. Ternyata memang Islam saja yang memuliakan perempuan dengan begitu sempurna dan indah. Bangga jadi muslimah? Pasti donk, tak ada keraguan lagi deh. Siiippp dah ^_^ [riafariana/voa-islam.com

__________________________________________________________

Share This Post:

Bookmark and Share

Kategori:Annisa
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: