Beranda > Kabar Terkini > Dua Pemimpin Al Qaida Irak Dikabarkan Gugur

Dua Pemimpin Al Qaida Irak Dikabarkan Gugur

BAGHDAD –  Amerika dan Irak mengklaim kemenangan besar terhadap Al Qaida hari Senin kemarin, mereka mengatakan pasukannya membunuh dua pemimpin Al Qaida Irak dalam serangan terpadu darat dan udara di kota yang berdekatan dengan kota kelahiran Saddam Hussein.

Perdana menteri Irak Nouri al Maliki mengumumkan tewasnya Abu Umar Al Baghdadi dan Abu Ayyub Al Masri dalam jumpa pers dan menunjukkan foto-foto kedua jenazah yang berdarah-darah. Militer Amerika langsung menimpali berita gugurnya dua pemimpin kelompok perjuangan Irak ini dengan mengatakan bahwa hal ini akan berpotensi menurunkan kekuatan Al Qaida di Irak.

Belum ada konfirmasi jawaban atau statement dari pihak Al Qaida Irak sendiri mengenai kabar gugurnya pemimpin mereka. Biasanya mereka akan memposting pernyataannya ke situs forum-forum jihad.

Militer Amerika mengatakan pada pagi hari Ahad mereka melakukan penggerebekan terhadap dua petinggi Al Qaida tersebut setelah intelejen mereka melakukan operasi bersama sepekan lalu, dan menemukan rumah persembunyian keduanya di daerah yang berjarak sekitar enam mil (10 km) di baratdaya Tikrit.

Al Maliki mengatakan pasukan Irak dan Amerika mengepung rumah tersebut dan menembakkan roket dari darat dan udara. Militer Amerika mengatakan dalam upaya serangan tersebut, salah satu helikopternya berjenis UH-60 yang digunakan dalam operasi tersebut jatuh dan menewaskan satu tentaranya, tiga tentara Amerika lain turut terluka dalam insiden jatuhnya heli tersebut.

Di dalam rumah tersebut, selain terdapat dua pemimpin Al Qaida, terdapat pula asisten dan putra Abu Umar Al Baghdadi, mereka juga dikabarkan gugur. 16 orang lain turut ditahan dalam operasi ini.

Al Qaida Irak sendiri kembali menebar ancaman disaat pasukan Amerika sedang bersiap-siap menarik pasukannya dari Irak. Kelompok ini telah melancarkan serangan-serangan mematikan di Baghdad untuk menunjukkan bahwa mereka masih bertaji dan mampu mengacaukan penyelenggaraan pemilu parlemen 7 Maret kemarin.

Disebutkan, Al Masri pemimpin Al Qaida Irak, bergabung dengan kamp Al Qaida di Afghanistan pada akhir tahun 1990 dan menjadi pelatih ahli peledakan dengan mobil sebelum beliau pindah ke Irak setelah invasi Amerika tahun 2003, kata pejabat Amerika.

Al Masri kemudian menggantikan Abu Musab Al Zarqawi, pemimpin kharismatik asal Yordania selaku pendiri Al Qaida Irak, Abu Musab gugur pada Juni 2006 dalam serangan udara Amerika. Al Qaida pun langsung melancarkan serangan bom berkali-kali di Irak untuk menunjukkan bahwa kematian pemimpin mereka tidak berpengaruh terhadap gerakan mereka dan mereka masih mampu bergerak.

Abu Ayyub al Masri mempunyai nama asli Abdul-Munim al Badawi menurut statement Al Qaida yang disampaikan tahun lalu. Al Bahgdadi sendiri merupakan pemimpin Daulah Islam Irak yang berhubungan dengan Al Qaida. Militer Amerika pada hari Senin kemarin menyebutkan nama asli dari Abu Umar Al Baghdadi adalah Hamid Dawud Muhammad Khalil al-Zawi.

Sebelumnya, sudah beberapa kali berita atau kabar mengenai tertangkap mapupun tewasnya Abu Umar al Baghdadi dan Abu Ayyub al Masri beredar di media, namun semua kabar tersebut dibantah oleh pernyataan Al Qaida.

[muslimdaily.net/ap]

Kategori:Kabar Terkini
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: