Beranda > Indonesia, Kabar Terkini > Sekali Lagi, Tidak Ada Rekayasa Dalam Video Kebrutalan Densus di Poso

Sekali Lagi, Tidak Ada Rekayasa Dalam Video Kebrutalan Densus di Poso

JAKARTA (voa-islam.com) –  Kunjungan Komnas HAM ke Palu dan Poso (7-11 Maret 2013) untuk mengklarifikasi video kekerasan yang dilakukan Densus 88, diperoleh bukti kuat, bahwa Densus 88 memang betul-betul terlibat.  Komnas HAM menegaskan, tidak ada rekayasa dalam video tersebut.

“Jika melihat video itu sejak awal hingga akhir, pixelnya sama, dan kualitas gambarnya pun  sama.  Tidak ada penggalan dari lokasi lokasi lain. Yang jelas, lokasinya sama. Video ini benar adanya. Jadi tidak benar kalau dikatakan ada penggalan di lokasi yang berbeda, seperti dikatakan beberapa pihak, dalam hal ini Polri,” ungkap Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Penanganan Tindak Pidana Terorisme Komnas HAM, Siane Indriani didampingi Noor Laela, Ketua Komnas HAM yang baru.

Siane menegaska, tidak ada editan, mungkin  hanya pause saja. Jadi video itu bukan penggabungan tahun 2007 dan 2012. Ini murni 2007.   Faktanya menunjukkan demikian. “Kami mohon kejujuran pihak kepolisian, bahw video itu memang benar.” Lebih fair lagi, jika polisi membuka semua video yang masih disimpan Komnas HAM.

Ketika ditanya, apakah Densus terlibat dalam kekerasan tersebut? “Ketika visual bicara,  Polri tidak bisa mengelak. Video ini  sudah menjadi bukti yang cukup. Yang pasti, dalam video itu ada anggota Densus. Kami, Komnas HAM minta agar Kapolri mengusut tuntas dan menyeret aparat yang terlibat dalam penyiksaan tersebut untuk diproses secara hukum. Perlakunya jelas tidak manusiawi dan melakukan pelanggaran  HAM serius.”

Seperti diberitakan sebelumnya, pelaku tindakan kekerasan dan penyiksaan yang ada dalam video itu terdapat beberapa anggota Densus 88 sebagaimana kesaksian para saksi mata serta terlihat jelas, sebagaimana terekam dalam video itu. (Lihat menit ke 01.57, 02.01, 03.11, 03.43, 04.03, 04.49, 05.07, 07.00, 07.03, 07.34, 07.37, 07.38, 08.33, 08.11). [desastian]

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: