Mengapa Berjihad?

Allah Ta’âlâ menciptakan manusia untuk beribadah kepada-Nya sebagaimana firman-Nya:

          وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَاْلإِنسَ إِلاَّلِيَعْبُدُونِ

Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku. (Adz-Dzariyaat : 56)

Maka, terbagilah manusia menjadi dua golongan. Di antara mereka ada yang beriman kepada-Nya, dan di antara mereka ada yang kufur. Allah Ta’âlâ berfirman:

          فَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ {7} وَلَوْ شَآءَ اللهُ لَجَعَلَهُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَكِن يُدْخِلُ مَن يَشَآءُ فِي رَحْمَتِهِ وَالظَّالِمُونَ مَالَهُمْ مِّن وَلِيٍّ وَلاَنَصِيٍر

Segolongan masuk surga dan segolongan masuk neraka. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Allah menjadikan mereka satu umat (saja), akan tetapi Dia memasukkan orang-orang yang dikehendaki-Nya ke dalam rahmat-Nya. Dan orang-orang yang zalim tidak ada bagi mereka seorang pelindung pun dan tidak pula seorang penolong. (Asy-Syurâ: 7-8)

Allah jadikan sebagian mereka cobaan bagi sebagian yang lain. Allah Ta’âlâ berfirman:

            وَجَعَلْنَا بَعْضَكُمْ لِبَعْضٍ فِتْنَةً أَتَصْبِرُوْنَ

Dan Kami jadikan sebagian kamu cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu bersabar? (QS…)

Allah Ta’âlâ berfirman dalam hadits qudsi:

          إِنَّمَا بَعَثْتُكَ لِأَبْتَلِيَكَ وَأَبْتَلِيَ بِكَ

“Sesungguhnya Aku mengutus kamu hanyalah untuk menguji kamu dan menguji denganmu.” (HR Muslim)

Maka, orang beriman diuji dengan orang kafir. Allah Ta’âlâ berfirman:

          وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّى نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنكُمْ وَالصَّابِرِينَ وَنَبْلُوَا أَخْبَارِكُمْ

Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar diantara kamu dan agar Kami menyatakan (baik-buruknya) hal ihwalmu. (Muhammad: 31)

Allah memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk mengajak orang-orang kafir kepada petunjuk dan kebenaran. Maka, barangsiapa yang enggan dan berpaling, Allah menyuruh untuk memeranginya, sehingga kalimat Allah menjadi yang tinggi dan supaya agama itu seluruhnya (semata-mata) bagi Allah. Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALAM bersabda:

          أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwasanya tidak ada tuhan selain Allah dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah.” (Muttafaqqun ‘alaih)

بُعِثْتُ بَيْنَ يَدَيْ السَّاعَةِ بِالسَّيْفِ حَتَّى يُعْبَدَ اللهُ تَعَالَى وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ

“Aku diutus mendekati hari kiamat dengan pedang sehingga Allah disembah satu-satunya dan tidak ada sekutu bagi-Nya.” (HR Ahmad; shahih)

Dengan demikian, jihad adalah Amrun Syar’iyyun Rabbaniyyun (perintah yang bersifat syar’i dari Allah) untuk merealisasikan agama Allah di muka bumi dan menghilangkan fitnah (syirik) dari bumi, sehingga tidak ada kekuasaan di alam ini melainkan kekuasaan Allah. Allah Ta’âlâ berfirman:

  وَقَاتِلُوهُمْ حَتَّى لاَتَكُونَ فِتْنَةٌ وَيَكُونَ الدِّينُ كُلُّهُ للهِ

Dan perangilah mereka, supaya jangan ada fitnah dan supaya agama itu semata-mata untuk Allah. (Al-Anfal: 39)

Jihad merupakan identitas wujud seorang muslim. Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALAM bersabda:

وَ الْجِهَادُ ذُرْوَةُ سَنَامِ الْإِسْلَامِ

Dan Jihad adalah puncaknya Islam.” (HR At-Tirmidzi, Ahmad, dan Al-Hakim; shahih)

Allah Ta’âlâ berfirman dalam hadits Qudsi –berbicara yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALAM– :

إِنَّمَا بَعَثْتُكَ لِأَبْتَلِيَكَ وَأَبْتَلِيَ بِكَ وَأَنْزَلْتُ عَلَيْكَ كِتَابًا لَا يَغْسِلُهُ الْمَاءُ تَقْرَؤُهُ نَائِمًا وَيَقْظَانَ وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَنِي أَنْ أُحَرِّقَ قُرَيْشًا فَقُلْتُ رَبِّ إِذًا يَثْلَغُوا رَأْسِي فَيَدَعُوهُ خُبْزَةً قَالَ اسْتَخْرِجْهُمْ كَمَا اسْتَخْرَجُوكَ وَاغْزُهُمْ نُغْزِكَ وَأَنْفِقْ فَسَنُنْفِقَ عَلَيْكَ وَابْعَثْ جَيْشًا نَبْعَثْ خَمْسَةً مِثْلَهُ وَقَاتِلْ بِمَنْ أَطَاعَكَ مَنْ عَصَاكَ

Sesungguhnya Aku mengutusmu hanyalah untuk mengujimu dan menguji dengan-Mu –hingga firman-Nya- keluarkanlah mereka sebagaimana mereka telah mengeluarkan kamu, dan perangilah mereka, Kami akan (bersama kamu) memerangi, dan berinfaqlah, Kami akan berinfaq atasmu, dan kirimkanlah pasukan, Kami akan mengirim lima kali lipat yang sepertinya, dan berperanglah bersama orang-orang yang mentaatimu melawan orang yang bermaksiat kepadamu. ” (HR Muslim)

Dengan jihad, manusia akan tersaring dan terbagi menjadi beberapa barisan atau shaf; (1). Satu barisan, barisan orang-orang beriman dan bertauhid, (2). Satu barisan yang lain, barisan orang-orang kafir dan (3). Satu barisan lagi, barisan orang-orang munafik. Allah Ta’âlâ berfirman:

وَمَآأَصَابَكُمْ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ فَبِإِذْنِ اللهِ وَلِيَعْلَمَ الْمُؤْمِنِينَ {166} وَلِيَعْلَمَ الَّذِينَ نَافَقُوا وَقِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا قَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللهِ أَوِادْفَعُوا قَالُوا لَوْ نَعْلَمُ قِتَالاً لاَّتَّبَعْنَاكُمْ هُمْ لِلْكُفْرِ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ مِنْهُمْ لِلإِيمَانِ يَقُولُونَ بِأَفْوَاهِهِم مَّالَيْسَ فِي قُلُوبِهِمْ وَاللهُ أَعْلَمُ بِمَا يَكْتُمُونَ

Dan apa yang menimpa kamu, pada hari bertemunya dua pasukan maka itu adalah dengan izin Allah, dan agar Allah mengetahui siapa orang-orang yang beriman. Dan supaya Allah mengetahui siapa orang-orang yang munafik, kepada mereka dikatakan, “Marilah berperang di jalan Allah atau pertahankanlah (dirimu).”

Mereka berkata, “Sekiranya kami mengetahui akan terjadi peperangan, tentulah kami mengikuti kamu. Mereka pada hari itu lebih dekat kepada kekafiran daripada keimanan. Mereka mengatakan, dengan mulutnya apa yang tidak terkandung dalam hatinya. Dan Allah lebih mengetahui apa yang mereka sembunyikan. (Ali Imran: 166-167).

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: